Kabar gembira untuk kamu para nasabah Bank Mandiri. Sekarang
kamu mendapatkan pelayanan baru yang terdapat di website Bank Mandiri loh!
Ya, nama fitur baru yang terdapat di website tersebut adalah MITA, yang
merupakan akronim dari Mandiri Intelligence Assistant.MITA sendiri
merupakan layanan chatbot yang berfungsi untuk melayani para nasabah dalam
mencari informasi.
Nantinya, para nasabah bisa langsung menanyakan beberapa
informasi yang sekiranya belum diketahui. Sebelum melanjutkan ke
#SaatnyaTanyaMita, lebih baik kamu harus mengetahui penyebab dari adanya
layanan ini.
DIlansir dari Kompas,layanan
MITA ini berhasil diluncurkan pada Kamis, 15 Maret lalu. Layanan Chatbot MITA
diresmikan oleh Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono dan Direktur
Digital Banking dan Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans lewat konfrensi
pers di Plaza Mandiri Jakarta. Layanan MITA sendiri merupakan Chatbot untuk
mempermudah para nasabah Bank Mandiri dalam mencari info. Selain itu, MITA
sebagai costumer service virtualjuga mampu melayani nasabah selama
7 x 24 jam loh!
Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono
mengatakan, fitur chatbot MITA ini menjadi salah satu langkah transformatif
Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan
memprioritaskan kepada para nasabah Bank Mandiri.
Ogi Prastomiyono melanjutkan, pihak Bank Mandiri bisa
membantu para perseroan dalam memenangkan persaingan di industri keuangan yang
ada di Indonesia. "Alasannya, layanan chatbot seperti MITA ini bisa
memberikan kemudahan akses kepada para nasabah Bank Mandiri," ujar Ogi.
Dalam konferensi pers Ogi menuturkan, peluncuran fitur
chatbot customer service virtual MITA merupakan bentuk
adaptasi perseroan terhadap perkembangan kebutuhan dan pelayanan yang
dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Pengamatannya didasarkan pada
pelayanan pihak Bank Mandiri kepada para nasabah melalui layanan digital,
seperti email dan akun media sosial Bank Mandiri. Pada tahun 2017 lalu,
interaksi para nasabah lewat layanan contact digitalBank Mandiri
mencapai 10% dari total interaksi ke contact center.
Pelayanan melalui media digital Bank Mandiri ini berkembang
pesat dari tahun ke tahun. Jika dibandingkan dengan pelayanan digital pada 2016
lalu, di 2017 ini interaksi yang dilakukan melalui digital meningkat hingga 40
persen. Dari rasio itu, interaksi para nasabah Bank Mandiri di layanan email
maupun akun media sosial, terdapat permintaan informasi sebanyak 51 persen,
permintaan bantuan sebanyak 28 persen, dan keluhan 21 persen yang dilakukan
oleh para nasabah kepada pihak Bank Mandiri.
Ogi menilai, layanan lewat kanal digital semakin diminati
oleh para nasabah maupun non nasabah Bank Mandiri. Pelayanan ini akan semakin
meningkat seiring dengan perkembangan telepon seluler yang berkembang di
masyarakat. Direktur Operations Bank Mandiri ini berharap, adanya layanan
chatbot seperti MITA, yang memanfaatkan metode Natural Languange Processing,
bisa mempercepat dan mempermudah interaksi antara pihak nasabah dengan pihak
Bank Mandiri.
Tak hanya menambah layanan chatbot MITA, pihak Bank Mandiri
juga telah memperbarui tampilan wajah di website www.bankmandiri.co.id. Hal ini
dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya, para nasabah
Bank Mandiri bisa berinteraksi dan mencari info produk Bank Mandiri. Entah itu
produk, layanan, maupun informasi yang terkait yang nantinya akan mendukung
keterbukaan informasi perusahaan Bank Mandiri.
Hal itu diungkapkan oleh Direktur Digital Banking &
Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans dalam konfrensi pers di Plaza
Mandiri, Jakarta, pada Kamis 15 Maret lalu. Rico juga menambahkan, pembaruan
dalam tampilan website ini dimulai dari adanya respons perseroan atas masukan
nasabah, stakeholder, dan berbagai kalangan masyarakat, serta kajian dari
internal perusahaan. ""Melalui pembaruan ini, kami ingin meningkatkan
kualitas dan pola komunikasi perusahaan dan seluruh stakeholder, termasuk
nasabah dan regulator. Kami pun terbuka atas ruang-ruang perbaikan lain guna
mengembangkan website ini," ungkap Rico.
Jadi, hal inilah yang
menjadi kabar gembira untuk para nasabah Bank Mandiri. Nantinya, para nasabah
akan lebih mudah dalam mencari informasi lewat #SaatnyaTanyaMITA. Layanan
chatbot MITA sendiri bisa diakses lewat berbagai akun media sosial Bank
Mandiri, seperti aplikasi LINE di alamat @bankmandiri, facebook messenger di @bankmandiri dan telegram di @bankmandiri_officialbot.
*Artikel ini telah tayang di Kompasiana
0 Comments