Ilustrasi: Pixabay

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat kita semua dituntut untuk kreatif. Peluang berbisnis di media sosial menjadi salah satu keuntungan besar di zaman global ini. Beberapa orang sudah memulai bisnisnya lewat media sosial. 

Salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis adalah Instagram. Aplikasi media sosial ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk generasi milenial. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sudah mulai memiliki akun Instagram. Berikut adalah contoh bisnis yang bisa kamu mulai dari media sosial ini. 

1. Jualan Online 

Kamu bisa memulai bisnis di Instagram dengan cara berjualan. Apabila kamu memiliki mental seorang pengusaha, kamu bisa beralih bisnis ke media tersebut. Mulailah dari cara sederhana, seperti menjual kerudung, baju, ataupun kosmetik. 

Jika kamu sudah terlebih dulu memiliki usaha di gerai konvensional, cobalah beralih menggunakan media Instagram sebagai partner barumu. Namun jangan lupa, kamu juga harus tanggap dan responsif ketika ada pembeli yang bertanya tentang produk yang kamu jual. Jangan sampai calon pembeli itu malah mengurungkan niatnya untuk membeli daganganmu. 

2. Model 

Banyak beberapa orang yang sudah terkenal melalui akun Instagram pribadinya. Contoh saja Karin Novilda, atau yang biasa disebut Awkarin. Ia memanfaatkan Instagram untuk membuat dirinya menjadi terkenal. Kamu juga bisa loh terkenal lewat Instagram, tapi jangan lewat perilaku yang kontroversi dan mengundang konflik loh ya! 

Jika pengikutmu sudah banyak, kamu bisa memanfaatkan akunmu dengan menjadi selebgram. Nantinya, banyak sponsor yang menghubungi kamu untuk membantu memasarkan produk mereka. Entah itu baju, celana, sepatu, ataupun make up. Nah, penghasilanmu akan semakin bertambah bukan? 

3. Pengamat Kuliner 

Hal ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi makan, hehe. Kamu bisa memulainya dengan memfoto makanan di restoran yang sudah kamu kunjungi. Jika mendapat banyak tanggapan dari followers mu, maka itu akan mengundang restoran lain untuk mencoba iklan lewat akun Instagram kamu. Kamu bisa mendapat penghasilan lebih dari sana, selain makan gratis tentunya. 

4. Traveller 

Sama halnya dengan pengamat kuliner, kamu juga bisa memulai bisnis lewat hobi jalan-jalan. Terlebih jika kamu memiliki kemampuan fotografi, hal ini akan membuat followers kamu tertarik dengan tempat yang kamu singgahi. Belum lagi respons dari para pengelola wisata yang melihat feed Instagram kamu. Mereka akan menghubungimu untuk membahas tempat yang mereka kelola. 

5. Media Partner 

Nah bisnis ini biasanya digunakan oleh para pelajar dan mahasiswa yang tengah mencari dana tambahan organisasinya. Mereka pun memanfaatkan akun official untuk mempromosikan suatu kegiatan. Jika followers mu banyak dan tertarik, kamu bisa mendapat lirikan dari instansi lain untuk mengiklankan kegiatan mereka. 

Mari coba trik di atas untuk memanfaatkan akun Instagram kamu. Selain menambah followers, kamu juga bisa untung lewat segi materi loh. Selamat mencoba!