Ilustrasi: Pixabay

Sudah waktunya tidur. Sudah waktunya tubuh untuk beristirahat. Namun, ada beberapa orang yang memang memiliki jam tidur lebih lambat dari biasanya, atau yang biasa kita sebut insomnia. Insomnia sendiri biasa menyerang siapa saja, terutama mahasiswa dan orang-orang dewasa. 

Insomnia sendiri terjadi karena adanya faktor stres pada diri seseorang. Biasanya, orang normal tidur memakan waktu tujuh hingga delapan jam sehari. Namun berbeda dengan para pengidap insomnia. Mereka lebih dulu tidur di siang hari. Ketika malam datang, mata mereka susah terpejam layaknya seekor kelelawar. 

Namun jangan khawatir. Bagi kamu para pengidap insomnia, penulis akan mencari jalan keluar agar insomnia mu lebih produktif. Dari pada kamu hanya sekadar memainkan gawai, cobalah beberapa cara-cara seperti ini. 

1. Membaca Buku 

Ini cara pertama yang ampuh bagi kamu para pengidap insomnia. Bacalah sebuah novel, atau buku-buku berat yang memungkinkan kamu cepat terlelap. Selain menambah wawasan pengetahuan, membaca buku juga bisa membuat mata kamu lelah. Semakin lama kamu membaca, semakin cepat matamu akan terpejam. Namun tetap hati-hati, jangan membaca sembari tiduran. Bukan pengetahuan yang akan kamu dapat, malah mata kamu yang akan rusak. 

2. Menulis 

Jika kamu suka membuat tulisan, maka cobalah menulis untuk mengisi kekosongan saat insomnia. Sebab di malam hari, inspirasi akan lebih cepat datang. Walaupun kamu jarang, bahkan tak memiliki skill menulis, jangan minder. Cobalah menceritakan kisahmu lewat sebuah pena. Selain mengabadikan momen, kamu juga bisa membuat mata mu lelah dan lebih mudah terlelap. 

3. Selesaikan Tugas 

Jika kamu memiliki sebuah pekerjaan kantor yang belum terselesaikan, cobalah isi waktu insomnia mu dengan menyelesaikannya. Hal ini juga berlaku untuk para mahasiswa yang banyak memiliki tugas perkuliahan. Pastikan tugas kamu selesai lebih dulu. Jangan sampai tugas itu malah tertunda dan tertumpuk di kemudian hari. 

4. Ibadah 

Jika kamu beragama Islam, tak ada salahnya kamu mendekatkan diri kepada Tuhan. Entah itu lewat dzikir, salat, hingga doa dan membaca Alquran. Siapa tahu, jika kamu selesai melakukan itu, maka Tuhan bisa membantumu untuk segera tidur. 

5. Membersihkan Kamar 

Nah ini juga menjadi salah satu kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu insomnia kamu. Terlebih jika kamu tak sempat untuk membereskan kamarmu karena banyaknya pekerjaan. Dengan melakukan kegiatan tersebut, badan kamu akan lebih cepat lelah dan memungkinkan untuk tidur lebih cepat. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat insomnia menyerang. Semoga kamu bisa lebih produktif. Selamat mencoba!