Ilustrasi: Pixabay

Divisi Human Resources Develompent (HRD) adalah salah satu divisi terpenting di sebuah perusahaan. Divisi ini menangani manajemen sumber daya karyawan perusahaan. Tugas-tugasnya sendiri berupa pola rekruitmen karyawan, administrasi personalia, pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga mengurus kompensasi dan tunjangan karyawan. Untuk kamu yang bekerja sebagai staf di Divisi HRD, ini kemampuan dasar yang wajib kamu kuasai. 

1. Mulitasking dan Multitalent 

Pekerjaan HRD sendiri beragam dan paling berhubungan dengan banyak orang. Karyawan HRD tak hanya fokus di satu pekerjaan seperti proses perekrutan karyawan, tetapi mereka juga memiliki pekerjaan seperti mengatur jadwal wawancara calon karyawan, menyiapkan tes, menyiapkan pelatihan, melakukan pengawasan, yang kesemuanya dilakukan hampir bersamaan. Oleh sebab itu, karyawan HRD dituntut untuk menguasai kemampuan multitasking dan multitalent di dalam sebuah perusahaan. 

2. Penyelesaian Konflik dan Menemukan Solusi Masalah 

Berurusan dengan para pegawai memang agak sulit untuk dilakukan. Staf HRD sendiri berfungsi untuk menciptakan suasana nyaman dan kondusif untuk para pegawai perusahaan. Sangat penting bagi kamu yang bekerja di divisi HRD untuk mencari solusi terhadap sebuah permasalahan yang akan terjadi. Kamu harus bisa mencari win-win solution dan tidak memihak pada siapapun. Jangan sampai seorang staf HRD malah menambah runyam permasalahan. 

3. Manajemen Organisasi 

Memiliki hubungan lebih dengan para karyawan memang menjadi makanan sehari-hari seorang staf HRD. Tak ayal, beberapa karyawan memang memiliki penilaian dan pemikiran sendiri. Perbedaan kepala masing-masing itulah yang menyebabkan munculnya sebuah ego di dalam suasana kantor. Maka, seorang staf HRD harus professional dalam menghadapi sebuah konflik masing-masing individu. Mereka wajib memiliki sikap tegas dan disiplin. 

4. Fokus pada Sebuah Pekerjaan 

Seperti yang diketahui, pekerjaan staf HRD memang sangat berat dan lebih banyak. Selain itu, pekerjaan divisi ini juga berbeda-beda. Oleh karenanya, staf HRD haruslah fokus dengan pekerjaan yang akan dilaluinya. Minimal, mereka harus teliti dan mencatat apa saja yang sudah dikerjakan. Setelahnya, lakukan evaluasi terhadap hasil, apakah sudah maksimal atau tidak. Lakukanlah secara terus menerus agar kesalahan dalam bekerja bisa diperbaiki. 

5. Bijaksana 

Sudah tak asing lagi jika staf HRD menjadi tempat pelampiasan untuk para karyawan perusahaan. Divisi HRD lah yang menjadi jembatan antara seorang karyawan dengan berbagai jabatan di setiap divisi. Untuk itu, seorang karyawan HRD haruslah professional, adil, serta mampu menjaga rahasia. Jangan sampai hal yang sudah kamu lakukan malah merugikan banyak pihak. 

Jika kamu ingin melamar menjadi staf HRD, cobalah memiliki sifat-sifat di atas. Selamat mengasah kemampuan!