Ilustrasi: Pixabay

Metode pembayaran sekarang ini tidak hanya menggunakan uang tunai. Bagi kamu yang sering menabung di bank, tentu tidak asing dengn kartu kredit. Pembayaran dengan kartu kredit biasanya membuat transaksi menjadi lebih mudah dan praktis. Sering kali kamu juga menemukan beberapa keuntungan ketika menggunakan kartu kredit  dalam betransaksi seperti diskon atau cicilan 0% bahkan.

Namun sering kali juga dengan keunggulan yang dimiliki kartu kredit juga menjadi boomerang bagi pengguna ketika kamu tidak teliti. Nah untuk itu, perhatikan kesalahan-kesalahan seperti apa yang sering terjadi sehingga merugikan kamu sebaagai pengguna kartu kredit. Berikut kesalahan yang terjadi sebagai pengguna kartu kredit:

Memakai kartu kredit tanpa persiapan yang matang

Orang yang sering terjerat urant kartu kredit karena memakainya secara serampangan. Penggunaan tanpa memikirkan kelak akan menjadi malapetaka dalam membayar tagihannya. Karena setiap kali kamu menggunkan kartu kredit untu bertransaksi itu harus memastikan penghasilan yang cukup saat membayar tagihannya kelak.

Telat bayar tagihan

Ketika kamu tidak mampu membayar tanggihan transaksi  pada saat tenggat waktu yag ditentukan maka dapat berakibat fatal. Karena itu, kamu harus membayar tagihannya tersebut tepat waktu. Bank biasanya akan memberikan toleransi untuk keterlambatan pada pembayaran pertama dan mengenakan denda pada keterlambata yang kedua.

Tidak teliti pada rincian tagihan

Dengan memiliki sifat ketelitian dapat membantu kamu dalam menggunakan kartu kredit secara baik. Pengguna kartu kredit akan selalu waspada terhadap kesesuaian jumlah tagihan yang dbayar dengan nota pembelian. Selain itu, simpanlah bukti transaksi dengan baik.

Gaya konsumtif para pengguna kartu kredit

Menggunakan kartu kredit bakal terjerumus dengan budaya boros. Karena biasanya kartu kredit akan menyediakan penawaran-penawaran yang menggodan bagi para pengguna kartu kredit. Seperti promo diskon ketika akan bertransaksi pada barang tertentu. Hal ini berakibat fatal kalau kamu hanya sekedar memburu diskonnya saja tanpa memikirkan barang tersebut sangat dibutuhkan atau tidak unutuk saat ini.

Terlalu sering tarik tunai

Dengan beragam fitur yang terdapat pada kartu kredit sangat memudahkan para penggunanya. Seperti fitur untuk tarik tunai. Bagi kamu yang sering menggunakan tarik tunai mulai sekarang harus dikurangi. Kenapa?  Karena setiap kamu memakai kartu kredit untuk tarik tunai di ATM, maka akan dikenakan biaya. Bahkan persentase biaya sekita 6% atau sebesar Rp 50.000. 

Tentu memudahkan memang layanan tarik tunai yang ada di fitur kartu kredit. Namun kamu harus ingat lho. Kalau fitur itu adalah dana pinjaman dari bank. Ya tentu bunganya juga mahal. Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit pada fitur tarik tunai.