Ilustrasi: realita.co

Liburan dan pariwisata merupakan kegiatan wajib untuk mereka yang tengah jenuh dalam kehidupannya. Selain untuk refreshing, liburan juga bisa merevolusi mental kepada mereka. Emosi yang tinggi, tingkat baper akut, semuanya bisa diatasi saat kita berlibur.

Liburan akan berjalan baik apabila kita mempersiapkannya dengan kondisi matang. Pertama, tentukan tujuan yang akan kalian tuju. Tak hanya itu, kalian juga harus mempersiapkan kebutuhan logistik, entah itu ongkos perjalanan, barang bawaan, makanan, pakaian, dan teman-teman yang akan kalian bawa saat liburan. Jika kalian ingin berlibur di daerah pendakian, ajaklah teman-teman yang suka hiking dan bawalah peralatan seperti tenda, jaket, dan lain-lainnya.

Selain itu, rencanakan juga waktu yang kalian butuhkan untuk berlibur. Cukupkah kalian berlibur hanya sehari? Dua hari? Tiga hari? Cukupkah ongkos kalian untuk waktu yang sudah ditentukan? Akan lebih baik apabila kalian pusing untuk menyusun rencana dibandingkan kalian repot saat tengah menjalani liburan. Revolusi mental anda bisa dimulai dari sini. Selamat liburan!