ilustrasi: waspada.co.id

Uang adalah sumber penghidupan, terutama untuk mahasiswa penghuni indekos. Kehidupan mereka masih jauh menderita dibanding mahasiswa yang sekadar pulang-pergi kampus dan rumahnya. Sebagai sesame mahasiswa, pengelolaan keuangan penghuni indekos tetap tak boleh kalah dengan mereka-mereka yang julukannya sebagai mahasiswa pulang pergi. Pertama, mulailah atur keuangan anda dengan merevolusi mental yang konsumtif. Hilangkan sikap mudah tergiur dengan barang yang kebutuhannya jangka  pendek.

Kedua, mulailah buat daftar barang-barang prioritas yang akan anda beli. Jika sudah tersusun, anda bisa lebih mudah saat mulai berbelanja bulanan. Baik itu kebutuhan akan makan, mandi, sampai buku-buku perkuliahan. Jika uang anda masih defisit dengan kebutuhan, maka carilah kegiatan yang mulai menguntungkan, seperti jaga toko, surveyour, atau asisten pribadi dosen. Selain penghasilan, anda juga bisa mengisi waktu luang.

Mengelola keuangan memang menjadi salah satu momok menakutkan untuk mahasiswa penghuni indekos. Namun tak ada salahnya apabila mereka bisa merevolusi mentalnya , dari yang tadinya konsumtif menjadi produktif. Oleh karenanya, pandai-pandailah mengatur uang, siapa tau masa depan anda akan berubah dan bisa menjadi orang yang sukses di kemudian harinya.