Sumber: wikipedia.org
Indonesia memiliki ragam tempat wisata yang amat beragam. Sebagai negara maritim yang berlokasi strategis, para wisatawan patut berkunjung ke negeri agraris ini. Kejayaan masa lalu menjadi salah satu faktor adanya tempat wisata ini, yang kemudian berkembang menjadi cagar budaya maupun destinasi wisata.

Salah satu provinsi yang sempat berjaya pada masa lalu adalah Provinsi Jawa Tengah. Di provinsi ini, sempat menjadi wilayah kekuasaan kerajaan, baik Kerajaan Hindu, Budha, maupun Islam. Tak ayal, wilayah ini memang haruslah dilirik, terutama bagi mereka yang ingin berlibur sekaligus mempelajari sejarah negaranya.

Sebenarnya, banyak sekali tujuan wisata yang harus dikunjungi. Namun, untuk mempermudah, penulis sudah merangkum beberapa tempat menarik, terutama tempat yang masih kental akan nilai sejarahnya. Berikut penulis rekomendasikan kepada para pembaca, lima tempat wisata sejarah yang ada di Jawa Tengah. Yuk disimak.

1.      Candi Borobudur
Siapa yang tak mengenal Candi Borobudur? Sejak kecil, kita sudah dijejalkan oleh guru-guru kita akan keindahan dan keajaiban akan candi ini. Bagaimana tidak, tempat ini sudah tercantum pada Atlas Dunia, terutama di bagian Tujuh Keajaiban Dunia. Anak-anak IPS pasti tahu ini, hehe.

Ya, Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang. Namun, masih banyak yang mengartikan kalau lokasi ini terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai mahasiswa Sejarah, saya boleh dong meralat pandangan mereka terkait lokasi ini, hahaha.

Candi Borobudur sendiri berasal dari peninggalan Wangsa Syailendra. Di masa lalu, tempat ini sendiri merupakan tempat suci pada umat Buddha. Ini dibuktikan dengan adanya arca-arca Buddha. Saat ke sana, kita akan melihat dua jalur, yakni jalur tangga dan jalur yang mengelilingi isi candi. Jalur kedua sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin melihat-lihat kawasan di candi ini.

2.      Candi Prambanan
Candi Prambanan, atau biasa disebut juga Candi Roro Jonggrang, terletak di perbatasan Klaten-Yogyakarta. Tak ayal, beberapa orang menyebut lokasi candi ini ada di Provinsi Jawa Tengah atau Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab, Candi Prambanan sendiri merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.

Sama dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan sudah menjadi lokasi wajib dikunjungi para wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melihat-lihat peninggalan Hindu di Indonesia.

3.      Sangiran
Sangiran sendiri termasuk situs arkeologi di Indonesia. Di sini pernah ditemukan kerangka manusia purba Jawa, yang kemudian dikenal dengan Pithecanthropus Erectus dan Meganthropus Paleojavanicus. Sangiran terletak di antara Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tak hanya itu, di sana juga ada Museum Purbakala Sangiran. Museum ini memiliki beberapa koleksi manusia dan hewan purba. Koleksi ini diperkirakan berumur satu juta tahun yang lalu. Ya, sangat cocok untuk para kaum Arkeolog dan Sejarawan dalam menemukan sumber primer di penelitiannya. Itung-itung harus jadi mandiri lah ya buat cari sumber, hehe.

4.      Makam Sunan Bonang
Makam ini terletak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Rembang sendiri juga dikenal dengan Kota Religi. Ini dikarenakan dengan banyaknya makam-makan sunan dan lembaga pendidikan berupa pondok pesantren.

Makam Sunan Bonang merupakan salah satu contohnya. Di sini, pengunjung, terutama untuk yang beragama Islam, bisa melakukan refreshing sekaligus ziarah kepada salah satu Wali Songo ini. Berkunjung ke tokoh penyebar agama Islam, mendoakannya, menjadi berkah tersendiri bukan?

5.      Masjid Menara Kudus

Saya memilih menempatkan lokasi ini di akhir tulisan. Sebab, saya sendiri takjub akan perpaduan arsitektur antara budaya Hindu yang bercampur dengan budaya Islam. Ikon gapura sebagai gerbang masuk dan masjid di dalam gapura menjadi faktor yang unik untuk saya.

Sesuai namanya, masjid ini terletak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus, salah satu wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin melihat budaya pluralitas dalam menyebarkan agama Islam ala Sunan Kudus.

Itulah beberapa lokasi yang penulis rangkum dalam tulisan ini. Masih banyak lokasi wisata yang wajib dikunjungi untuk para wisatawan. Namun, wajib hukumnya untuk berkunjung saat para pembaca melipir di Provinsi Jawa Tengah. Apakah kalian tertarik?