Sumber: jadimandiri.org

Setiap orang pasti ingin hidup berkecukupan. Oleh sebab itu berbagai cara kita lakukan agar mencapai kesuksesan dan kemakmuran ekonomi. Dari berhemat, membuka bisnis, sampai mencari motivasi dari orang-orang yang sudah sukses. Semua orang yang sudah sukses pasti memiliki cara masing-masing dalam menaikkan derajat kekayaannya. Dari sana, kalian bisa mempraktekkan tips yang sudah mereka lakukan. Berikut saya jabarkan beberapa tips untuk kaya dengan taktik dan mengatur finansial.

1. Investasi


5 Tips Untuk Kamu yang Ingin Kaya
via pixabay.com

Jangan bergantung pada pendapatan yang berasal dari keringatmu saja. Sisihkan sebagian uangmu untuk berinvestasi. Seberapapun besarnya jumlah pendapatanmu, sia-sia saja jika kamu tak menyisihkannya. Maka dari itu, kamu harus pandai-pandai menyimpan uangmu dalam bentuk investasi.

2. Bijak Mengeluarkan Uang


5 Tips Untuk Kamu yang Ingin Kaya
via terbitsport.com

Beberapa orang mungkin banyak mengeluarkan uangnya untuk hal-hal yang bukan prioritasnya. Terkadang sifat gengsi yang ada di diri manusia menjadi faktor mereka dalam membeli barang-barang tersebut. Entah itu bertujuan untuk dibilang keren, gaul, dan trendy. Padahal, mereka sendiri belum tentu menggunakan barang yang sudah dibeli.
Jika kamu renungkan, sebenarnya tak masalah terkait baju apa yang kamu pakai, mobil apa yang kamu kendarai, telepon merek apa yang kamu gunakan. Kamu akan melihat banyak orang tulus yang tak memandang apa yang kamu gunakan. Mereka tak peduli seberapa mahal barang yang kamu pakai, yang terpenting adalah kehadiran dirimu dalam lingkungan sekitarnya. Oleh karenanya, cukup habiskan uangmu untuk barang-barang yang seharusnya akan kamu gunakan. Tak perlu mendengarkan ocehan orang lain. Cukup percaya pada diri sendiri.

3. Berani


5 Tips Untuk Kamu yang Ingin Kaya
via maxpixel.net

Jika kamu tengah menjalani sebuah bisnis, maka tak perlu takut untuk memperlebar sayapmu. Ambillah kesempatan selagi kamu memilikinya. Jangan sampai menyesal jika seandainya kesempatan itu hilang. Berhentilah berpikir bahwa hemat lebih baik. Itu akan mengurungmu dalam sangkar dan menghambat kemajuanmu dalam berinovasi.

4. Jangan Membeli dengan Cara Kredit


5 Tips Untuk Kamu yang Ingin Kaya
via pixabay.com

Mungkin saat kamu berbelanja, kamu akan tergiur dengan barang yang disajikan oleh penjual. Beberapa dari kamu bahkan nekat untuk membelinya. Tak jarang, uang yang sudah kamu tentukan untuk membeli sesuatu, terbuang sia-sia akibat cahaya yang bersinar dari barang tersebut.
Dengan demikian, kamu akan menggunakan cara pembelian secara kredit. Memang, awalnya akan terasa manis saat kamu sudah memilikinya. Namun momen akhirnya akan terasa sulit apabila kamu tak mampu melanjutkan pembayarannya. Oleh karenanya, berpikirlah secara bijak sebelum membeli sesuatu.

5. Pendidikan


5 Tips Untuk Kamu yang Ingin Kaya
via pixnio.com

Sesekali, buang jauh-jauh pikiranmu dari sukses melalui pendidikan. Banyak orang-orang yang tak menamatkan pendidikannya demi usaha yang tengah ia jalani. Namun, bukan berarti saya mengajarkan kamu untuk tidak bersekolah loh ya. Tetapi, berpikirlah secara out of the box bahwa tak selalu pendidikan menjadi sebuah faktor. Pendidikan hanyalah bumbu manis dalam sebuah kesuksesan. Usaha tetaplah menjadi nomor satu dalam faktor kesuksesan kamu.
Begitulah tips dan trik dari saya. Semoga kamu mencermati dan mampu menerapkannya dengan baik.

*Tulisan ini telah dimuat di laman jadimandiri.org