ilustrasi: jadimandiri.org

Kamu sudah jenuh dengan pekerjaan kantormu? Sudah penat dengan tekanan dari bos? Apakah hubunganmu dengan pasangan juga sudah mulai renggang akibat beban kerja? Tenang saja, masih ada jalan keluarnya kok. Jika kamu mulai lelah dengan pekerjaanmu sampai hubunganmu bermasalah, kamu perlu mencoba melakukan bisnis bersama pasangan. Yuk simak beberapa tips bisnis yang bisa kamu lakukan dengan sang kekasih.

1. Guru Privat Anak Sekolah




via flickr.com

Kamu dan pasangan memiliki bakat untuk menjadi guru? Kalian berdua bisa melakukan pekerjaan sebagai guru privat. Namun apabila pasanganmu tak handal atau kurang memiliki jiwa pengajar, kalian bisa berbagi tugas.
Pasangan kamu bisa melaksanakan tugasnya sebagai marketing dengan cara membagikan brosur, memasang iklan di internet, maupun melakukan promosi ke beberapa sekolah. Sedangkan kamu yang memiliki jiwa pengajar bisa menjadi guru yang mengajar di rumah. Kalian berdua bisa bebas menentukan kapan dan di mana pekerjaan itu akan dilakukan.

2. Mengasuh dan Menjaga Anak-Anak




via flickr.com

Repot mengurus anak sendiri? Tak punya waktu dengan sang buah hati? Coba ciptakan bisnis yang sekaligus bisa memanjakan mereka. Daripada kalian hanya sekadar mengasuh anak sendiri, cari celah untuk memulai bisnis pengasuhan anak. Mulailah dari lingkungan yang ada di sekitarmu. Apalagi jika kalian berada di suatu lingkungan yang orang-orangnya sangat sibuk bekerja.
Tawarkan jasa mengasuh anak-anak tetangga kamu. Tentu mereka akan sangat terbantu dengan jasa ini dan lebih percaya karena kalian adalah tetangga yang mereka kenal. Selain mendapatkan untung besar, kamu juga bisa membangun sebuah hubungan harmonis. Baik itu dengan anak kamu maupun dengan tetangga melalui perantara anaknya.

3. Menjajakan Kerajinan Tangan




via flickr.com

Kalian berdua suka mengotak-atik barang? Tertarik dengan bidang kesenian? Kamu bisa memanfaatkan bakat kamu dengan membuat barang-barang yang layak untuk dijual. Terlebih, jika di lingkunganmu sedang ada momentum penting seperti hari ulang tahun atau hajatan.
Ajaklah pasangan kamu untuk melakukan bisnis tersebut. Misalkan bisnis pernak-pernik ulang tahun. Kamu dan pasanganmu bisa membuat beberapa hiasan, seperti balon, kado, bahkan hiburan seperti badut. Foto saja barang yang sudah kamu olah, lalu jual melalui kerabat dekat maupun di toko online.

4. Bisnis Makanan




via maxpixel.net

Jika kalian berdua memiliki bakat masak-memasak, pastilah bisnis ini akan cocok untuk kamu. Kalian bisa membuat sebuah café kecil-kecilan. Kalian bisa menjual berbagai macam hidangan, baik itu makanan layaknya restoran hingga bisnis kopi yang sekarang tengah menjamur. Jika kalian bingung dari mana akan memulai, kalian bisa memanfaatkan garasi yang ada di rumah.

5. Bisnis Hewan Peliharaan




via wikimedia.org

Kamu dan pasangan suka dengan hewan? Kamu bisa lakukan jasa penitipan hewan. Apalagi jika tengah musim libur panjang. Banyak orang-orang yang kerepotan untuk menjaga hewan di rumah masing-masing.
Cukup dengan memberi makan, menjaga kebersihan dan mengajak bermain hewan peliharaan tersebut kamu sudah bisa memulai bisnis menguntungkan. Apalagi bermain dengan hewan peliharaan bisa mengurangi stres. Kamu dan pasangan jadi bisa meningkatkan kualitas hubungan kalian berdua.
Bagaimana dengan tips-tip yang ada di atas? Cukup membuat kalian tertarik? Yuk buat keuangan dan hubungan dengan pasangan jadi lebih baik.

*Tulisan ini telah dimuat di laman jadimandiri.org