Ilustrasi: mediakonsumen.com


Sudah hampir setahun ya, website ini kosong dan tak dapat konten segar. Sebenarnya, gue kembali peduli dengan website ini ketika ada yang menanyakan tentang koleksi ebook yang tercantum di drive gue. Maklum saja, gue memiliki banyak ebook pribadi (yang hampir semuanya belum dibaca) sejak semester satu lalu. Ya, kuliah di UIN Jakarta, apa lagi di fakultas yang berbau humaniora, mengharuskan mahasiswanya untuk membaca banyak buku, ampun.

Nah dari orang itu, gue kembali mengecek isi-isi website. Dari awal gue membuat website ini ya untuk sekadar menampung hasil tugas gue selama kuliah. Entah itu kuliah di kelas ataupun di organisasi. Haha, maklum gue bergulat di pers mahasiswa. Jadi banyak sekali jejak-jejak tulisan yang sekiranya dicurahkan ke dalam website ini. Siapa tau kan, berguna bagi para mahasiswa yang kerjaannya copy paste tugas, hehe.

Ya dari berbagai alasan itu, gue mencoba untuk menulis. Apapun. Sudah lama juga kan gue nggak pernah bercerita lewat tulisan. Sekalinya nulis, ya buat kerjaan. Nggak pernah tuh yang namanya nulis karena adanya godaan nurani. Padahal, nyemplung di dunia tulis menulis sudah dari empat tahun lalu. Namun, gue merasa gagal jika menulis hanya sekadar untuk memenuhi tugas semata.

Mungkin, gue bisa menulis kegelisahan gue di website ini ya. Sudah lama juga nggak alay. Terakhir pas SMA dulu, kalo mau lihat, ya  coba aja ke twitter gue pas dari awal sampai 2015 lah kira-kira. Isinya cinta-cintaan semua. Muak sebenernya kalo diinget. Cuma ya dari sana kepribadian gue terbentuk, hingga menjadi seperti sekarang ini. Padahal ya tetep aja belum bisa jadi manusia seutuhnya.

Balik lagi ke tema deh ya, sebenernya akhir-akhir ini gue merasa gelisah. Gak boong, beneran. Ini dimulai ketika gue lebaran lalu. Momen itu kan sudah menjadi momentum untuk meminta maaf kepada orang-orang yang pernah berbuat salah ya kan. Nah, di situ juga, gue meminta maaf kepada orang-orang yang gue pernah jahatin. Nggak terkecuali, MANTAN.

Gue mulai kenal dengan hal-hal asmara ketika kelas 1 SMA.  Dulu sewaktu SMA, gue mengenal dua perempuan yang menjadi cerita indah waktu itu. Wanita pertama lebih muda dari gue, adik kelas sih bahasanya. Wanita kedua itu seangkatan sama gua, dia IPA gua IPS.

Sedangkan mantan ketiga gue, yang terakhir, muncul di masa-masa perkuliahan. Dia sefakultas, hanya beda jurusan. Namanya gausah disebut ya, mungkin yg kenal gue pas kuliah pada kenal. Anak Sastra Arab. Kenal pas semester dua. Kalo nggak salah 2015 deh. Awal apa pertengahan gitu, lupa juga. 

Balik lagi nih ke lebaran 2018 kemarin, gue mencoba untuk memperbaiki hubungan dengan mereka. Jujur saja, sebenarnya hubungan gue dengan mantan yang pertama sudah baik ketika gue pacaran dengan wanita kedua itu. Karena memang saat itu kita putus secara baik-baik. Jadi ya ketika SMA, gue putus pun dengan baik-baik. Emang nggak pernah hubungan intens kayak waktu pacaran dulu sih. Cuma ya namanya udah bukan siapa-siapa, ya wajar dong.

Bahkan si mantan pertama gue, kenal deket sama mantan kedua gue. Mereka bahkan saling berteman di sosial media masing-masing. Heran gue juga. Kok bisa gitu ya? Tapi ya yaudahlah selama mereka senang dan nggak ganggu masing-masing, silakan aja.

Di mantan kedua ini nih, hubungan gue sama dia emang renggang sih. Maklum aja, waktu itu putus nggak baik-baik. Putus ya putus aja. Nggak ada ucapan selamat tinggal gitu. Ya yaudah. Kalo nggak salah, waktu itu putusnya gara-gara sama-sama sibuk. Gue sibuk kuliah, nongkrong, ikut organisasi pers mahasiswa juga waktu itu. Sedangkan dia sudah kerja. Jarang ketemu kan. Weekend doang, itu juga kalo gue nggak males-malesan karena capek kuliah, baru mau ketemu. Jadi ya yaudah, seakan-akan sudah punya dunia masing-masing. Tahun putusnya, kalo nggak salah, 2015. Pas pengen setahun pacaran.

Gue tuh udah minta maaf sama dia semenjak 2016 sih. Setahun setelah putus. Mencoba berhubungan baik lagi kan. Walaupun sekadar maaf aja. Yaa pas 2016 itu, pas minta maaf pertama gue ke dia, nggak dibalas. Sial, pikir gue waktu itu kan. Padahal niatnya baik tuh, haha. Cuma ya yaudah deh, gua coba pahamin dia. Setahun kemudian, gua kirim lagi minta maaf pas lebaran. Nah di situ baru, dia bales dan saling maaf-maafan kan tuh. Dari situ gua merasa lega. Finally, pikir gua dalam hati.  (Minta maaf sama mantan yang pertama nggak usah dibahas ya, sudah gua jelasin di awal. Jadi udah pasti dimaafin sama dia, hahaha).

Tahun ini, 2018, pas lebaran kemaren, gue ulangin tuh minta maaf ke mantan. Mantan kedua ngerespons baik. Chat secukupnya kan. Nanyain adek lah, gua juga nanya ke dia tentang unek-unek dari temen gue tuh. Sama-sama terbuka, akhinya ya jadi baik sekarang. Ada kemajuan sih, kita saling follow akun instagram masing-masing. Haha. Tetep nggak balikan kok, karena dia udah punya pacar. Gua gamau ganggu, ya kali. Sekadar say hello aja palingan sih.

Permasalahannya ada di mantan ketiga gue nih. Iya, pacar gua pas kuliah di UIN Jakarta. Berbanding terbalik sama respons dari mantan kedua, dia ini yang bikin gua pusing tujuh keliling. Setelah gua minta maaf, dia malah blokir akun sosmed gue dooong. Gua perhatiin kan ya, karena emang gua orangnya penasaran, kok nggak ada kelanjutan, pikir gua tuh. Sempet sih emang dia jawab, “Ini (nama temen gue) lagi?” Dia nanya itu karena waktu itu temen gue pernah ngechat dia pake hp gue, terus ngobrol dah tuh. Au deh gua gak terlalu merhatiin karena emang lagi pada kumpul kan.

Setelah gue telisik lebih lanjut, kok akun dia nggak ada di IG gue? Kenapa ya? Terus gue coba ngehubungi dia via whatsapp kan. Pas gua liat foto profilnya, kok nggak ada ya? Sejak kapan nih orang nggak make foto? Makin curiga dong gue? Gua Tanya nih ke temen-temen gua yang akrab ke dia, lu nyimpen nomornya dia nggak? Coba cek dong, kok gue whatsapp nggak dibales ya. Pas gua cek, eh ada. Yah nggak salah lagi ini mah, gua diblokir, hahahaha.

Sekitar tiga sampai empat hari tuh, gua selalu bertanya-tanya, “Ini orang kenapa ya? Gua ada salah apa sama dia? Niat gua kan minta maaf aja ke dia.” Pikir gua tuh. Cuma pas gua Tanya ke temen yg sering nongkrong bareng, ini kata dia, “Lu waktu putus gimana? Salah lo udah mengakar kali tuh. Wajar kali dia kayak gitu. Emang lu yang salah. Bego amat nggak nyadar.”

Fyi, dia itu temen SMA gue. Sejak SMA sampe sekarang, dia yg selalu gua ajak main. Biasanya sih main PS, bola. Kelar main PS, baru deh tuh keliling nikmatin jalanan Jakarta-Depok. Main ampe subuh, kadang gue nginep di rumah dia. Udah sohib lah bahasanya mah. Semua yang gua lakukan, pasti gua ceritain ke dia. Mulai dari pacaran sampe tingkah gue di kuliah, pasti gue ceritain. Dia pendengar yg baik lah. Dia yg jadi tandem gua ketika gua ngoceh kaya motor knalpot sombreng. Sebaliknya juga. Walaupun gua akui, gua nggak terlalu sebaik dia ketika jadi pendengar. Tapi ya,  Dia udah paham banget lah sama gua. Istilahnya sering gembel bareng. Dia jadi satu-satunya temen SMA gua yang sering gua ajak main ketika libur kuliah.

Entah ada angin apa, dia maksa gua buat nyelesain masalah ini. Gua nurut dong, secara gitu kan. Akhirnya gua temuin tuh temen-temen yang akrab sama dia. Gua ajak kumpul. Coba ceritain masalah ke mereka. Dua orang yg waktu itu gua temuin. Kebetulan temen-temen gua ini emang yang akrab banget ketika gua jadi kepala di pers mahasiswa. Dua orang ini yang emang paham banget ketika gua ada masalah. Dan gua nggak salah milih mereka sebagai dua orang konsultan lah. Hahahaha.

Sampai ketika gue Tanya mereka, jawaban masih sama. “Lu itu jahat dik. Wajar dia begitu.” Gua semakin mikir dong, apa salah gua sih? Hampir cek cok juga tuh gue sama mereka. “Yaiyalah, lu pikir aja sendiri,” kata dia.

Pada akhirnya, gua milih balik ke rumah. Gua mencoba kembali ke ingatan gua waktu itu. Yah, bahasa milenialnya flashback. Dan inilah inti sebenernya dari tulisan gue, flashback untuk mengingat dosa gua ke mantan selama dua tahun kenal, hiyaaa hahaha.

Awal ketemu sama dia tuh, ketika gua lagi di Basement Fakultas. Waktu itu, fakultas gua masih ada di kampus 1. Jadi enak, diskusi, baca, bahkan tidur bisa di sana. Pas gua kuliah dulu, gua akrab banget sama orang-orang sana. Mulai dari yang sebaya hingga yang udah senior. Hampir semua yg nongkrong di basement tuh pasti kenal gua. Karena waktu itu gue bikin kubu, bertiga. Nah kubu kita itu kalo ngomong paling berisik. Kalo yang suka sih pasti ikut nimbrung, kalo yg ga suka ya pasti bakal mikir, “Ini gembel dari mana sih, bacot banget bangsat.”

Waktu itu gue masih belum aktif di pers mahasiswa. Statusnya masih baru, calon anggota (caang) sebutannya. Nah waktu itu ada temen sekelas gue, perempuan, ikut nimbrung pas nongkrong. Hadir deh tuh dia, ikutan ngumpul juga. Total jadi lima orang, cowok bertiga, tambah cewek dua ini. Nah si cewek ini yang nantinya bakal jadi pacar gue di masa kuliah.

Awalnya gua nggak ngeh emang, karena ya waktu itu gua sama sekali gaada niatan buat nyari pacar. Tiba-tiba dia hubungi gua lewat BBM. Nah semua cerita sebenernya dimulai dari sini. Kalo udah terlanjur baca di awal, maafkeun ya. Hahahaha.

Intens tuh gua chat sama dia. Waktu itu gua masih dingin, nggak tau kenapa. Gua nggak peka sama dia. Itu bodohnya gua. Mungkin emang waktu itu gua masih idealis ya, masih terlalu mikirin kuliah, bacaan, sampe organisasi. Gua nggak terlalu ngelihat dia waktu itu. Karena emang awalnya dia udah punya cowok coy. Gua nggak berani lah ngedeketin. Cowoknya pun temen nongkrong gua juga. Ya gimana, canggung lah kalo seandainya berduaan di fakultas, apa lagi kalo ada cowoknya. Chatnya pun nggak gua terlalu perhatiin waktu itu.

Cuma setelah gua tau dia putus, ya gua coba mulai masukin kehidupan dia. Gua mulai kenal sama dia, mulai dari keluarga, kesukaan, sampe mimpi-mimpinya dia yang mau nerusin kuliah di Jerman. Mimpi dia yang terakhir ini sih yang paling gua nggak setuju. Ya gimana boy, gua udah sayang sama dia waktu itu kan. Gua nggak mau kehilangan dia, sekalipun emang karena cita-cita. Tapi gua berusaha buat dia nggak ngedown-ngedown amat sih. Tetep gua nggak bilang kalo nggak setuju. Gua arahin dia buat belajar aplikasi tentang bahasa. Nggak tau deh diinstall beneran apa enggak.

Semakin ke sini, semakin gua tertarik sama dia. Dia jadi orang pertama yang gua ajak kalo gua ada kegiatan, entah tugas, bahan bacaan, sekadar liputan. Dan gua semakin nggak salah pilih ketika dia hampir selalu mau gua ajak. Bahkan, sayang gua ke dia itu makin jadi ketika dia mulai coba masuk ke kehidupan sosial gua sama temen-temen di pers mahasiswa. Dia mau coy!

Sebenernya dalam melihat cewek, gua punya prinsip sendiri. Cewek yang bisa nerima apa adanya dari gua, entah itu sifat, kegiatan, bahkan temen-temen, itu berarti pilihan terbaik. Gua seneng aja kalo ada cewek yg mau kenal sama temen-temen gua. Ga sungkan gitu bahasanya kalo nongkrong bareng. Jadi dia tau, kelakuan gua di luar itu sama atau enggak ketika gua lagi main bareng doi.

Gua nggak ragu lagi ketika dia ngajak main ke rumahnya, walaupun emang saat itu dia serasa nantangin sih. Terus sok-sok ngancem ibunya galak. Gua terima tantangan itu. Gua anterin dia sampai ke rumah. Gua salim sama ibunya. Waktu itu masih gondrong gue, mungkin ya itu alasan dia ngomong kayak gitu. Cuma pada akhirnya, ibunya kayaknya sih nerima gue. Dan gua pun semakin yakin kalo dia emang wanita pilihan gua.

Gua pun jadian sama dia. Seneng banget dong gue waktu itu. Nggak bisa diungkapin rasanya emang. Pokoknya gua ngerasa beruntung banget bisa ngedapetin dia. Bangga pokoknya bisa dapetin orang macem dia itu, yang bisa nerima gue, mau diajak ngobrol berat, diajak liputan, diajak ke museum (nggak bawa motor loh, jalan kaki dari Stasiun Juanda ke Gambir bolak-balik), diajak ke Bogor buat survei pelantikan, diajak ketemu sama temen-temen gua. Bahkan, dia sampe mau nginep di sekret organisasi gua. Nggak habis pikir, nggak nyesel gua sayang sama dia.

Dia paham sama kesibukan gue di kuliah, dia paham sama waktu gua yang emang udah saatnya nongkrong, dia pahamin gua ketika gua butuh waktu buat baca buku, dia pahamin gua ketika gua sibuk dapet tugas di organisasi. Sampai yang paling gua inget, dia bela-belain nungguin gua ngucapin selamat ulang tahun ketika pas banget Jumat deadline Tabloid. Dia bawain hadiah. Dia ngeluangin waktunya sampai magrib sebelum pulang. Gimana rasanya coba dapet wanita macem ini?

Dari situ gua mulai mencoba untuk merespons balik perbuatan dia. Gua ngeluangin waktu buat nemenin dia di rumah. Gua berusaha luangin waktu buat ngajak dia jalan-jalan. Walaupun kadang nggak jelas sih ke mananya haha. Intinya gua mau ke mana aja walaupun sama dia. Gua ngerasa waktu kayak cepet banget kalo ketemu sama dia. Maunya lama-lama gitu. Hahaha, berak.

Cuma ya namanya hubungan, ga akan sehat kalo nggak cek-cok. Gua pun pernah cek-cok sama dia. Kalo marah serem, sosmed gua diblok sama dia, semuanya. Gua bisa didiemin sampe sebulan. Gua sih kalo doi marah, ya gua diemin dulu sampe adem. Selama dia marah, ya gua urusin deh tuh organisasi, kalo gak nongkrong kek. Bahasanya perang dingin sih, hahaa. Nanti kalo ada waktu yg tepat, baru gua hubungi lagi.

Akhirnya gua ajak jalan-jalan ke Monas. Malem-malem kan tuh. Nah di situ baru gua jelasin semuanya. Dengan nada-nada serius diiringi ketawa, gua berhasil bikin dia nunduk, diem, ampe mematung. Yaa padahal mah ga serius-serius amat sih. Cuma emang gua kalo mau ngomelin orang, ya demennya make kalimat-kalimat satir. Mungkin doi nyadar kali ya? Eh entah deh. 

Terus ketika dia ke sekret gua, gua juga pernah nasehatin dia. Sama kayak waktu di Monas, gua omelin juga. Cuma kalo di sini rada dramatis, gua pake melotot mata, make gebuk meja, btw gebuknya ga keras ya, make nada tinggi juga. Lagi-lagi dia nunduk, kadang ngelamun. Cuma tetep aja ya itu ga serius, gua ga sekejam itu. Saat itu juga gua sambil ketawa-tawa liat ekspresinya, wong lucu kok. Hahaha.

Pas gua kepilih jadi ketua, gua sempet kecewa sih sebenernya. Kenapa dia bisa bangga gitu sama gua ya? Padahal gua udah mikir risiko waktu itu. Gua nggak akan bisa nemenin dia kayak dulu lagi. Sebenernya itu yang gua takutin. Gua sindir-sindir kan waktu itu karena dia bangga ke gua. Intinya sih, gua asli sama sekali nggak mau jabatan ini. Selain bikin mati berdiri, ya faktor gua bakalan jauh sama pacar juga jadi alasan. Cuma ya namanya nasi sudah jadi bubur, mau gimana lagi?

Akhirnya gua jelasin tuh ke dia, waktu jadi reporter biasa, tanpa jabatan, gua aja sibuk banget. Kamu bisa nerima aku kayak gitu? Fokus pecah. Kuliah bakal berantakan. Ngurusin umat mulu. Nggak sempet ngurus diri sendiri. Kamu kuat kalo aku kayak gitu?

Apa jawaban dia? Tetep terima doong, hahaha. Ga habis pikir gua. Dia berusaha buat nutupin sih, gua tau itu. Tapi yang gua salut, dia bisa tegar gitu loh. Dia masih mau nerima gua. Dia masih mau nemenin gua ke sekret, bawain makan. Nyuruh ngerjain tugas. Minjem laptop ke gue. Sedangkan gue? Nggak pernah ada waktu buat dia. Tiap hari sibuk ngurus umat, terbitan. Tapi dia tetep kuat. Itu yang buat gua makin cinta sama dia.

Tapi karena emang sibuk yg makin menjadi-jadi, pada akhirnya ya gua mulai menjauh. Dalam artian, nggak setiap hari gua bisa ketemu sama dia. Bahkan seminggu sekali itu juga syukur. Nggak usah gitu deh, ketemu di kampus, selain ke sekret, itu juga udah syukur banget.

Belum lagi karena jabatan gua ketua, gua makin banyak bergaul sama perempuan lain. Asli itu cobaan yang paling berat menurut gua. Entah temen persma lain lah, temen antar ukm lah, bahkan sampe temen KKN. Emang sih gua orangnya emang rada gampang bergaul, tolol juga ya kan, jadi ya akhirnya makin banyak deh tuh orang-orang yang masuk ke lingkaran pertemanan gue.

Gua tau, dia pasti cemburu. Gak bisa dibantah. Cuma ya gua tetep sering ngejelasin sebaik mungkin, itu Cuma temen, nggak lebih. Mereka pun tau kalo gua punya pacar. Cuma ya salahnya gua nggak sempet aja kenalin ke dia tuh. Kalo ada waktu ya, gua bakalan kenalin sih. Sama kaya dia gua kenalin ke temen-temen persma gue.

Puncaknya terjadi ketika gua ngehadirin wisuda temen gua yg dulunya dia anak persma, Cuma posisinya emang udah keluar. Waktu itu, nggak Cuma gua yg dateng, anak-anak persma yg udah pada cabut pun juga dateng. Nah itu kan udah jadi momen buat foto-foto bareng ya, Cuma kejadian nggak sengaja terjadi tuh. Gua foto sama cewek, temen gua waktu di persma dulu. Nah posisinya itu deket banget, bahkan bisa dibilang nyender. Temen persma gue update kan ke story whatsappnya. Pacar gua ini pun langsung nanya ke gua, “Maksudnya apa?”

Horor, pikir gua. Mau ngomong apa ya ke dia. Posisinya waktu itu juga lagi KKN yekan. Susah mau ketemu. Gua pun rela-relain balik ke Ciputat emang pas banget ada agenda redaksi. Ini susah nih, pikir gua. Mau jawab sejujur apapun bakalan ditai-taiin lah bahasanya.

Ternyata bener, nggak lama setelah itu, doi minta putus. Salahnya gue, gua iyain aja deh tuh. Gak sempet ajak ketemuan buat jelasin, cuma minta maaf aja lewat Whatsapp. Tapi ya gua akuin sih, waktu itu gua sibuk banget emang. Gua ngurus rapat redaksi buat cetakan edisi Ospek, terus urus KKN, belom lagi mantau agenda forum UKM buat penampilan. Makanya gua nggak sempet ngeladenin waktu itu. Yaudah kan, kandas.

Semakin runcing ketika gua tau dia punya pacar baru. Nggak lama setelah putus loh. Sampai detik gua nulis ini pun, gua masih belum ada pacar. Sebenernya ini udah biasa sih, mantan gua sebelumnya juga kasusnya gini. Tau kabar baru gitu, ya gua ketawa aja yekan hahaha. Mau diapain lagi. Akhirnya ya gua makin menjauh dari dia. Wong udah punya pacar, masa masih mau dichat? Pada akhirnya, gua milih untuk menyelesaikan masa kepengurusan gua selama jadi ketua.

Gua udah nggak peduli lagi sama dia. Udah bodo amat. Udah fokus jadi pengurus. Ternyata pilihan gue bener, persma yg gua pimpin dapet juara di lomba kemenag. Beberapa kategori masuk kandidat juara. Dapet pemasukkan banyak, gua mulai fokus buat nyelesain buku yang isinya kumpulan tulisan. Dengan masukan dana dari lomba, gua beserta pengurus berhasil nerbitin buku. Seneng banget gue kan, itu jadi buku pertama yang terbit selama organisasi ini berdiri.

Peran jadi ketua emang berat. Gua berdarah-darah ini ngurus organisasi. Ada yg ngancem keluar. Ada yg terancem acara nggak jadi (padahal itu acara diisi sama tokoh bagus), ada masalah sama rektor yang nggak terima sama berita tabloid (ngancem penjara malah), ada masalah sama senior dan junior yang seolah-olah musuhin kepengurusan gue. Namun gua beruntung, masih ada beberapa orang yang peduli dan siap ngebantu gue dalam kondisi apapun itu.

Hal itu yang bisa bantu gua buat lupain dia. Gua seneng-seneng ketika turun jabatan. Gua bergaul lagi, nostalgia sama temen-temen gua, ngajak liburan para pengurus. Itupun juga susah ngajaknya, harus dichat satu-satu biar pada bales. Kurang ajar tuh kata gua. Diajak seneng aja susah, apalagi diajak susah.

Setelah selesai ngurus, gua pun masih ada satu mata kuliah yang ngulang. Gua ngulang deh tuh, masih bisa kumpul juga kan sama anak-anak sejurusan. Soalnya banyak yg ngulang, hampir sekelas. Bahkan, gua sampai bikin kerangka buat skripsi. Namun apa daya, skripsi gua nggak ditakdirkan sama Tuhan. Ada orang lain yg lebih dulu ngangkat tema itu. Alhasil, gua nganggur dan nggak ngapa-ngapain.

Dari situ, gua pun memilih daftar magang di salah satu media terbesar di Indonesia, Kompas. Alhamdulillah gua keterima. Gua ambil dua bulan, sekiranya menurut gue itu cukup. Gua nggak mau kelamaan, karena bisa nunda skripsi gue. Dan selama dua bulan, gua banyak mendapat pelajaran dari sana, sekaligus bisa mengisi waktu luang gue.

Nah kembali lagi ke momen lebaran. Magang gua udah mau kelar pas lebaran itu. Di atas gue bilang, gua minta maaf ke dia. Pertama lewat WhatsApp, diblokir kan. Gua kirim ke IG, diblokir juga. Kirim ke FB, diblokir juga, kirim DM Twitter, diblokir juga. Yah ya sudah, mau diapakan lagi emang. Hahaha.

Emang awalnya sih gua sempet mikir, ini orang kenapa masih aneh gini ya? Cuma ya namanya orang kan, pasti punya cara tersendiri buat selesain masalah. Mungkin dia berpikiran kalo ngeblok sosmed gua itu lebih baik. Kalo gua beda, gua mending tetep temenan tapi ga kontek sama sekali. Itu lebih asik aja gitu. Makanya kan, gua mending milih minta maaf aja ke mantan. Terus ya udah gitu lagi sampe lebaran selanjutnya.

Yah alhasil, gua Cuma bisa luangin waktu buat ngetik tulisan ini, khusus buat dia. Awalnya sih, emang gua janji sama diri sendiri bakal nulis tentang dia. Rencananya, gua nulis ketika perayaan setahun pacaran. Eh putus duluan ternyata, hahaha. Tapi tetep gua tulis kok, itung-itung juga buat ngelatih skill nulis lagi. Masih saik gak kalo dibaca nantinya, ahahaha.

Buat antum, seandainya baca tulisan ini. Gua Cuma mau ucapin terima kasih buat semuanya. Terima kasih udah mau jadi pendamping gue. Terima kasih udah bikin cerita di kampus sama gue. Terima kasih udah mau jadi orang terbaik di dalam masa pendidikan gue di kampus. Terima kasih sudah mau nerima gua apa adanya. Terima kasih sebesar-besarnya buat elu.

Maafin gue ya, ini sebenernya tulisan buat elu pas di setahun kita pacaran, tapi baru sekarang gua ungkapin. Maaf juga kalo gua gak sempet buat putus baik-baik waktu itu kan. Tulisan gua di atas menjawab alasannya, sekaligus nepatin janji gua ke diri sendiri. Cuma gua sih sebenernya berharap, kalo lu bisa buka lagi semua sosmed itu. Bukan bermaksud buat ngajarin, tapi menurut gua itu lebih baik. Tapi kalo emang nggak bisa, ya gua hormatin keputusan lu kok. Semoga elu bahagia, bisa ngejar mimpi-mimpi lu, terutama ke Jerman. Semoga lu makin baik, dan akan selalu menjadi yang terbaik ya. Bye.


Ciputat, 9 Agustus 2018



*Sebenernya tulisan ini sempet gue posting tahun lalu, sesuai tanggal. Cuma gua masukkin lagi ke draft, edit-edit dikit lah. Mumpung sekarang lagi suasana lebaran, akhirnya gua putuskan buat posting lagi. Dengan tulisan yg sudah diedit tentunya. Have fun.