Sumber: Pixabay

Kerja di kantor menjadi sebuah rutinitas terpadatmu setiap hari. Bisa dibilang, kantor kerjamu adalah rumah kedua selain rumahmu bersama keluarga. Menjadi sebuah tantangan untuk para karyawan untuk menata ruang kerjanya senyaman mungkin. 

Dari ruang kerja yang nyaman ini, maka kamu bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja. Atau bisa jadi juga, ruang kerjamu justru lebih asyik dibandingkan dengan kamarmu sendiri. Untuk itulah, mengatur tata ruangan kerjamu mungkin bisa menjadi solusi apabila suasana semakin jenuh dan pekerjaan yang tak kunjung usai.

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatur ruangan kerja agar bisa memaksimalkan pekerjaan. Sebab, enggak rugi juga kok apabila kamu menyempatkan waktu untuk sekadar mendekor ruangan kerjamu. 

1. Selalu Belajar Rapi dalam Setiap Pekerjaan

Sebenarnya, ada dua tipe karyawan dalam menata setiap pekerjaannya. Pertama adalah tipe rapi, kedua adalah tipe yang cuek saja dengan kondisi mejanya. Terkadang, meja yang berantakan bisa memudahkan seseorang dalam mencari berkas sebagai bahan kerjanya. Namun apakah itu efektif?

Ya simpel saja. Itu adalah selera kamu masing-masing. Tapi alangkah baiknya jika meja kamu selalu tertata rapi ketika pulang ataupun memulai pekerjaan. Usahakan berkas-berkas yang tidak terpakai segera dibuang agar tidak memenuhi meja. Kebersihan dan kerapihan meja akan memudahkan kamu dalam melanjutkan pekerjaan pada keesokan hari.

2. Atur Posisi Layar Komputer

Sebagai orang yang menggunakan komputer untuk bekerja, kamu juga harus memastikan posisi layar komputer demi menunjang pekerjaan. Usahakan mata dan layar memiliki jarak yang cukup. Jangan lupa juga, atur kemiringan layar komputer kamu. Posisi ideal layar komputer dengan mata adalah miring ke belakang sekitar 10 hingga 15 derajat. Dengan posisi yang baik, maka kamu tidak akan mudah lelah dan kaku di bagian leher.

3. Buatlah Papan Pengingat yang Menarik

Sebagai pekerja, kamu pasti memiliki jadwal yang penting dan tak boleh dilewatkan. Sebenarnya, banyak aplikasi dalam gawai yang bisa menjadi solusi untuk mengingatkan jadwal kepada kita. Namun, untuk memaksimalkan ruangan kerja, alangkah baiknya jika kamu mendekorasi ruangan dengan catatan-catatan kerja dengan warna yang menarik. Perpaduan warna yang beragam bisa menghilangkan stres di kala pekerjaan yang tak kunjung usai.

4. Tambahkan Foto Orang Tersayang

Agar bekerja lebih semangat, kamu bisa menambahkan foto-foto keluarga ataupun pasangan kamu di atas meja kerja. Atur sedemikian rupa agar posisi foto justru membuat meja kerja menjadi lebih sempit. Dari foto ini, kamu bisa lebih giat dan semangat bahwa setelah pekerjaan usai, maka mereka akan selalu siap menanti kamu di luar jam kerja.

5. Tambahkan Hiasan Tanaman

Tumbuhan sendiri menjadi suasana meja kerjamu akan menjadi lebih sejuk dan asri. Namun, carilah tanaman yang cocok untuk diletakkan di ruangan tertutup, seperti Kaktus misalnya. Tidak perlu yang besar dan rumit untuk dipelihara, yang penting tumbuhan ini bisa mampu memberikan energy positif saat bekerja.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menata ruangan kerjamu. Semoga artikel ini bisa membantu dan memaksimalkan pekerjaan kamu nanti ya.