Sumber: Pixabay
Kemajuan internet dan teknologi mendorong siapapun untuk segera berbenah. Mereka harus menyesuaikan kebutuhan dari perkembangan yang pesat ini. Entah itu mengikuti tren, hingga mengganti gawai mereka demi memaksimalkan kecanggihan dari teknologi. 

Salah satu produk kemajuan teknologi adalah media sosial. Dulu, media sosial hanyalah sebatas platform yang memudahkan berkomunikasi. Sekarang, media sosial digunakan untuk menyebarkan informasi, mem-posting kegiatan terbaru, hingga berbisnis. Tak ayal, banyak dari pebisnis yang mulai menggunakan media sosial sebagai sarana promosi mereka. 

Sebenarnya, apa sajakah yang bisa dilakukan pebisnis lewat jejaring media sosial? Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dari fungsi media sosial sebagai sarana bisnis baru. 

1. Mengetahui Tren yang Sedang Berlaku 

Seperti yang diketahui sebelumnya, media sosial menjadi sarana masyarakat untuk mencari informasi. Mereka berlomba-lomba untuk sekadar mengetahui perkembangan apa yang sedang terjadi. Hal ini bisa jadi peluang untuk kamu apabila ingin membuka bisnis melalui media sosial. Kira-kira, produk apa yang sedang dibicarakan oleh banyak orang. Kamu bisa melihat dan memanfaatkan peluang dari segi tersebut.Bisa 

2. Mencari Pelanggan Jauh Lebih Efektif 

Menyangkut poin di atas, hal ini juga berhubungan dengan fungsi media sosial. Kamu bisa mencari jenis-jenis pelanggan yang nantinya akan menjadi calon konsumen kamu. Apakah produk kamu sesuai dengan selera mereka? Apakah produk yang kamu jual cocok untuk semua umur, atau hanya orang dewasa saja? 

3. Membagikan Informasi Lebih Cepat 

Seperti yang diketahui, perkembangan teknologi pun turut mendukung siapapun untuk mencari informasi. Ibaratnya, siapapun bisa menjangkau seluruh dunia melalui gawai yang ada di tangannya. Sebagai pebisnis, kamu harus memanfaatkan sarana ini untuk memberikan informasi lewat media sosial. Misalnya, produk apa yang kamu jual? Apa manfaatnya setelah membeli produk tersebut? 

4. Mengetahui Persaingan Pasar 

Jika kamu terbiasa dengan bisnis secara konvensional, kamu akan bisa melihat siapa saja yang menjadi pesaing dalam usaha bisnismu. Namun, kamu hanya mengetahui saingan yang lokasinya dekat dengan tempat kamu berjualan. Berbeda dengan di media sosial, akses tanpa batas bisa menjadikan persaingan bisnis semakin ketat. Tak peduli jauhnya jarak, apabila bisnis itu digarap secara serius, maka siap-siap saja kamu akan mendapatkan pesaing baru. 

5. Bisa Melihat Kepuasan Konsumen lewat Testimoni 

Hal yang lumrah untuk seorang pebisnis apabila konsumen tidak menyukai produk yang kamu jual. Dari media sosial ini, kamu bisa menyediakan sarana kepada pembeli untuk menilai sebuah produk. Di sana, kamu pun bisa menganalisa, apakah kekurangan yang ada dalam produk yang kamu jual. Bagaimanakah sebaiknya pengemasan yang baik. Atau, perlukah variasi lain dalam mengembangkan produk bisnismu? 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan melalui media sosial. Sebagai pebisnis, jangan lewatkan kesempatan ini. Jangan pernah takut untuk dikritik konsumen. Teruslah berkembang. Semoga berhasil.