Ilustrasi: Pixabay

Di zaman sekarang ini, semua orang berbondong-bondong beralih ke teknologi. Pemanfaatan teknologi sekarang hampir saat ini mendominasi tingkah laku masyarakat. Tak terkecuali juga perilaku berbelanja. Dari yang awalnya belanja ke gerai konvensional, hampir semua masyarakat pun beralih menuju belanja ke online. 

Namun perubahan tingkah laku ini juga menimbulkan efek besar. Banyak masyarakat yang tertipu dengan barang yang dijual di online shop. Tak pelak, hal ini pun menimbulkan kerugian yang cukup besar. Sebelum kamu ingin belanja di online shop, mari simak tips dan trik agar kamu tak ikut tertipu. 

1. Baca Deskripsi Produk 

Ketika kamu berbelanja, biasanya terdapat deskripsi barang yang sudah disediakan oleh sang penjual. Deskripsi barang ini bisa berisi jenis bahan, ukuran, jumlah stok, serta harga barang. Usahakan bagi kamu untuk membaca terlebih dahulu sebelum membeli. Jangan pernah malas untuk membaca deskripsi tersebut. 

Namun jika kamu menemui deskripsi dengan bahasa asing, coba manfaatkan aplikasi penerjemah bahasa. Coba manfaatkan kembali teknologi sebelum kamu menyesal nantinya. 

2. Jangan pernah Malu untuk Bertanya 

Saat kamu berselancar di gerai online, kamu bisa menemukan sebuah kolom yang berisi Answer and Questions. Kolom ini memang dibuat untuk para pelanggan yang ingin berbelanja. Jika kamu masih tidak mengerti dengan deskripsi produk yang sudah disediakan, maka jangan malu untuk bertanya kepada penjual. Jangan sampai kamu tersesat di jalan tanpa bertanya. 

3. Tengok Reputasi Toko 

Jangan lupa juga sebelum kamu berbelanja, lihatlah reputasi si penjual. Reputasi ini biasanya dipertimbangkan dengan cara melihat respons antara penjual dengan pembeli dan banyaknya produk yang berhasil dijual. Jika kamu melihat rating yang positif, maka itu bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membeli di sana. 

Namun masih ada beberapa penjual yang masih belum memiliki rating. Hal ini bisa jadi karena sang penjual baru saja merintis usahanya. Jika kamu masih kekeuh ingin berbelanja, usahakan kamu bertanya kepada sang penjual lewat kolom Answer and Questions. Jika memang responsnya cepat, itu bisa jadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan pembayaran barang. 

4. Lihat Testimoni Barang 

Setelah melihat testimoni penjual, maka kamu juga harus menengok testimoni barang tersebut. Biasanya sudah disediakan kolom untuk menilai barang yang sudah dibeli konsumen. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa tahu respons si pembeli terhadap barang yang akan kamu beli nantinya. 

Jangan lupa juga setelah membeli, usahakan kamu juga ikutan mengisi kolom testimoni. Tak ada salahnya bukan jika pembeli lain ingin membaca testimoni kamu? 

5. Jangan Buru-Buru Membeli 

Ini hal terakhir yang harus kamu pikirkan kembali. Jika kamu masih belum yakin dengan barang tersebut, maka kamu boleh menunda di kemudian hari. Tahan nafsu berbelanja kamu ya! 

Itulah tips dan trik agar kamu tidak tertipu saat berbelanja di gerai online. Jangan sampai kamu menjadi korban selanjutnya ya! Selamat berbelanja!