Ilustrasi: Pixabay |
Kamu seorang karyawan? Karyawan memang identik dengan pekerjaan yang memiliki atasan, atau biasa kita sebut bos. Sebagai bawahan, seorang karyawan memang harus lebih hormat dan respek sama atasanmu. Karyawan memang tak bisa bertindak lebih banyak karena mereka memiliki atasan yang tugasnya lebih berhak untuk pengambilan keputusan.
Namun, bukan berarti seorang karyawan dikekang seperti itu
loh. Karyawan juga bisa memiliki pola pikir sebagai pekerja tanpa atasan
layaknya entrepeneur. Jika kamu
adalah seorang karyawan tapi ingin memiliki mindset
macam entrepeneur¸ yuk simak tips
di bawah ini.
Berpikir Kreatif dan Inovatif
Sebagai seorang karyawan yang memiliki atasan, bukan berarti
kamu harus selalu mengikuti perintah dari si bos besar. Kamu harus bisa
mempunyai gagasan yang lebih terbuka dan tak mandek di situ-situ aja. Seorang karyawan yang bermental entrepeneur
pastilah mampu memiliki konsep yang lebih maju dan modern. Kamu bisa
menyalurkan sebuah ide yang baru demi memajukan perusahaan tersebut. Walaupun
itu bukan tugas kamu, tetapi apa salahnya kan jika memiliki ide yang cemerlang?
Kenal Diri Sendiri
Seorang karyawan yang berjiwa entrepeneur haruslah mengenal
dirinya sendiri, baik itu kekurangan maupun kelebihan. Sebagai seorang
karyawan, kamu pastilah memiliki sebuah kemampuan yang ada di satu bidang
tertentu. Namun di sisi lain, seorang karyawan juga harus menerima keadaan
bahwa dia juga lemah di bidang lainnya. Dari sana, seorang karyawan yang memiliki
pola pikir entrepeneur akan terus belajar mengenali kelemahan dirinya,
sekaligus mencoba sebuah hal baru demi menangani kelemahan tersebut.
Tanggung Jawab Tinggi
Sebagai seorang karyawan, kamu juga harus memiliki sifat
tanggung jawab dengan apa yang kamu kerjakan. Jika ada kesalahan, kamu harus
siap menerima risiko apapun yang terjadi. Jangan takut untuk gagal. Karena dari
setiap kegagalan, kamu bisa belajar dan berkembang lebih baik lagi. Jika kamu
disuruh untuk memegang sebuah project yang
sama, kamu tidak akan takut untuk menghadapainya. Sebab, kamu sudah belajar
dari kesalahan dan sudah melakukan evaluasi diri.
Menyukai Tantangan Baru
Karyawan memang identik dengan pekerjaan yang itu-itu saja.
Namun jika kamu memiliki sebuah pola pikir entrepeneur, kamu pastilah akan
bosan dengan pekerjaan tersebut. Seorang karyawan harus siap jika dihadapi
dengan sebuah tantangan baru. Dari sana, dia akan belajar beradaptasi dengan
bidang yang lain, walaupun dia sendiri tak menguasai bidang tersebut. Hal ini
kan juga akan berpengaruh dengan pengalaman kamu ke depannya bukan?
Hemat Pengeluaran
Ini menjadi poin plus tersendiri ketika seorang karyawan
memiliki sebuah mental entrepeneur. Mereka harus berpikir untuk tidak
menghambur-hamburkan uang saat menerima gaji. Seorang entrepeneur haruslah
memiliki sebuah tabungan demi menambah investasinya. Begitu juga karyawan.
Mereka juga harus mempunyai sebuah dana cadangan untuk kehidupan selanjutnya.
Siapa yang tahu kan kalau kamu bisa sukses untuk membuat usaha baru lewat dana tersebut?
Itulah beberapa sifat karyawan yang memiliki jiwa entrepeneur. Tidak ada yang salah ketika kamu menjadi seorang karyawan ataupun entrepeneur. Sebab, semua pekerjaan itu baik. Tinggal bagaimana langkah kamu saja untuk menjalani itu semua. Silakan mencoba!
0 Comments