Buat kalian para pecandu buku di Indonesia, pekan ini menjadi kabar gembira untuk kalian semua. 21 April 2016, tepat dengan Perayaan Hari Kartini, menjadi hari pembukaan bazar buku terbesar di Asia Tenggara, The Big Bad Wolf Book Sale yang sekaligus disponsori oleh Bank Mandiri (sst, ini satu-satunya bank yang menjadi sponsor di sana loh!). Bazar buku ini diselenggarakan dari 21 April hingga 2 Mei 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.selama 24 jam non stop! Luar Biasa!

Sebelum kalian berangkat ke sana, pastikan ada beberapa hal yang perlu dicermati. Langkah awal, rencanakan buku apa saja yang kalian inginkan. Sebab, buku yang diadakan di sana memiliki beberapa macam, ada kategori fiksi, non fiksi, hiburan, anak, dan lain sebagainya. Ini sangat diperlukan, apalagi kalau uang yang kalian sangat terbatas. Coba dibuat daftar harga dan kebutuhan utama anda dalam asupan otak. Jika belanja rumah tangga saja membutuhkan daftar rencana, maka untuk membeli buku juga perlu dong. Betul tidak?

Jika sudah membuat daftar rencana, maka aturlah jadwal keberangkatan kalian. Bazar yang dilakukan selama 12 hari itu memang jadwal yang panjang. Namun, sesuaikan juga jadwal yang akan kalian kunjungi ke sana. Saran saya, sebisa mungkin usahakan jadwal selama hari kerja, yakni Senin sampai Jumat. Karena pengunjung akan melonjak drastis apabila kalian berkunjung saat weekend. Terlebih, bazar ini bisa dikunjungi selama 24 jam.

Saat kalian berkunjung ke sana, mulailah pikirkan kendaraan apa yang akan kalian pakai. Mobil? Motor? Kereta? Bebas! Buatlah senyaman mungkin daya transportasi kalian. Sebab sesampainya di sana, kalian akan menghadapi ribuan pengunjung. Maka buatlah senyaman mungkin perjalanan anda.

Jangan lupa juga, siapkan tempat untuk penyimpanan barang kalian. Buku di sana disediakan dengan jumlah lima juta buku loh! Jika kalian hanya merencanakan untuk membeli buku dengan stok tipis, bawa saja tas. Namun jika anda ketagihan dengan buku yang tersedia, bolehlah kalian bawa koper untuk menampung buku pilhan anda. Ini serius loh. Banyak pecandu buku yang tak tanggung-tanggung jika mereka mengunjungi kegiatan semacam ini.

Ingat, perhatikan juga situasi dan kondisi yang ada di sana. Lautan manusia akan menemani kalian dalam melakukan pencarian buku. Apalagi jika kalian membawa barang-barang besar seperti koper. Sangat diperlukan kewaspadaan khusus.
Sumber: Antara
Itulah trik-trik untuk kalian para pemburu buku yang ingin mendatangi pameran terbesar di Asia Tenggara tersebut. Buatlah gairah kalian bertambah dengan mendatangi lokasinya. Namun, apa salahnya jika kalian mempersiapkan hal-hal di atas. Jika sudah mempersiapkan segala hal itu, maka silakan berbondong-bondong datangi tempat tersebut. Selamat berbelanja!