Sumber: Pixabay
Zaman yang serba digital ini memudahkan siapapun untuk melakukan sesuatu. Melalui sebuah teknologi, semua orang menjadi lebih cepat dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, lewat teknologi pun, semua orang bisa mendapatkan pundi-pundi kekayaan.

Jika kamu pengguna Instagram, banyak sekali akun-akun yang menjual berbagai produknya. Komentar akun-akun ini bisa dilihat dalam postingan akun-akun oficial, selebgram, hingga figur publik. Tak hanya dalam kolom komentar, akun-akun ini pun juga banyak dipromosikan lewat story di akun-akun following selebgram kamu.

Akun-akun ini merupakan sebuah peluang bagi kamu yang ingin merambah bisnis melalui Instagram. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menjadikan Instagram menjadi sebuah ladang bisnis yang menjanjikan. Yuk disimak ya.

Tentukan Nama Profil
Jika kamu tengah menggeluti bisnis alat-alat kecantikan, buatlah nama profil yang mudah diingat orang. Kalau bisa, jadikan nama profil akun bisnis Instagram kamu berbeda dengan akun-akun yang bergerak di bisnis yang sama. Selain mudah diingat orang, nama akun anti-mainstream juga menjadikan sebuah ciri khas dari akunmu.

Buat Penjelasan dalam Kolom Biodata
Mengisi biodata di Instagram juga memudahkan calon pembeli untuk berbelanja di akun kamu loh. Tulislah deskripsi singkat mengenai produk apa yang kamu jual, lalu kontak mana yang bisa dihubungi. Jika kamu memiliki website, maka taruh juga lamanmu dalam kolom biodata tersebut.

Pilih Foto Profil
Foto profil akun mu juga jangan sampai terabaikan ya. Apabila kamu memiliki logo khusus, ataupun hanya sekadar tulisan nama akun, maka jadikanlah sebagai foto profil di Instagram kamu. Ini dapat memudahkan calon pelanggan apakah akun kamu memang serius berbisnis atau hanya sekadar iseng belaka.

Pelajari Cara Posting yang Menarik Pembeli
Ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari mengenai metode untuk menerbitkan sebuah postingan, mulai dari desain foto yang menarik, keterangan foto, tagar, tandai akun lain, hingga kapan waktu yang tepat untuk menerbitkan sebuah foto. Untuk foto sendiri, kamu mesti kreatif dalam menentukan sebuah gambar, apakah memerlukan model? Bagaimana menentukan sudut pengambilan gambar? Bagaimana mengatur cahaya? Hingga bagaimana membuat kumpulan foto kamu nanti menjadikan feed di Instagram menjadi lebih seirama.

Setelah foto, buatlah deskripsi yang jelas mengenai apa yang sudah kamu posting. Foto yang menarik saja tidak cukup. Kamu harus membuat keterangan yang jelas mengenai produk yang akan kamu jual, mulai dari harga, bahan, metode transfer, hingga tagar. Dari sana, maka postingan kamu bisa dilihat oleh banyak orang.

Selain itu, kamu juga harus menentukan kapan waktu terbaik untuk memposting foto yang sudah disiapkan. Perlu kamu ketahui, algoritma Instagram memang berbeda dari media sosial lainnya. Biasanya, beranda Instagram akan menampilkan postingan akun populer terlebih dahulu, baru akun yang sudah saling follow. Jangan pernah sekalipun kamu memposting di waktu sibuk. Buatlah postingan di waktu senggang, saat jam makan siang ataupun malam hari setelah pulang kerja.

Jangan Ragu untuk Promosi
Hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah promosi. Kamu bisa melakukannya lewat selebgram hingga Adsense Google. Sekalipun produk kamu bagus tapi tidak ada promosi, maka aktivitas bisnis kamu akan sia-sia. Sisihkan 5% dari keuntungan untuk promosi, misalnya.

Itulah beberapa tips untuk menjalankan bisnis melalui akun Instagram. Yang terpenting, jangan pernah ragu untuk memulai sebuah bisnis. Selamat mencoba.