Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan gelar ajang promosi wisata dalam acara Soft Launching Calendar of Event (COE) dan Visit Kalsel 2020. Kegiatan ini diselenggarakan sekaligus saat momen Car Free Day di Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Minggu (3/11).
Promosi ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resmawan. Menurutnya, ajang CFD ini menjadi momen untuk menarik perhatian karena banyak pengunjung yang datang untuk melihat sekaligus berolahraga.
“Saya harap momen ini bisa menjadi bahan awal untuk berkenalan dengan budaya dan wisata yang ada di Kalsel karena tempat dan momen yang strategis,” jelas Rudy, Minggu (3/11).
Ia menambahkan, kegiatan pariwisata di Kalsel sebenarnya memiliki keunikan tersendiri. Contohnya, di Kalsel ada Festival Pasar Terapung yang menyuguhkan keragaman budaya sungai yang menjadi ciri khas Kalsel sejak bertahun-tahun silam.
Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati destinasi wisata alam dan pegunungan di kawasan Lokasado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pengunjung juga bisa datang ke Pesta Pantai di kawasan Mappanretasi di Kabupaten Tanah Bumbu.
“Ada juga wisata religi, wisata kuliner, dan cinderamata daerah berupa batu permata yang bisa ditemui di berbagai pusat perbelanjaan,” tambahnya.
Wisata Kalsel sendiri berhasil menorehkan capaian. 2016 lalu, sebanyak 20 ribu wisatawan mancanegara telah datang dan berwisata di sana. Sedangkan untuk wisatawan domestik, Kalsel mampu menarik 665.760 orang.
*Artikel ini telah dimuat di Airmagz