Sumber: venturebeat.com
Samsung secara resmi meluncurkan smartphone lipat Galaxy Fold di Indonesia. Peluncuran ini diselenggarakan secara pre-order yang dibuka pada Jumat (13/12) pukul 09.00 WIB. Hasilnya, gawai ini ludes dipesan hanya dalam kurun waktu 31 menit.

Pada pre-order, konsumen bisa memperoleh beragam keuntungan premium seperti, Galaxy Buds yang dikemas di dalam box yang sama, 1 tahun perlindungan Infinity Flex Display, cover eksklusif, dan program cicilan 0% selama 24 bulan.

Galaxy Fold hadir dengan layar utama berukuran 7,3 inci QXGA+ Dynamic AMOLED. Gawai ini juga bisa dilipat dan dibuka berkat adanya teknologi Infinity Flex Display yang menjadikan perangkat ini layaknya sebuah buku. Galaxy Fold juga dilengkapi dengan layar depan/cover 4,6 inci HD+ Super AMOLED yang dapat digunakan ketika perangkat sedang dilipat.

Pengguna Galaxy Fold juga dimanjakan dengan kesinambungan aplikasi yang dapat melakukan transisi intuitif dan mulus antara layar depan dan layar utama. Saat Galaxy Fold terbuka dan tertutup, aplikasi yang terakhir kita gunakan akan muncul secara otomatis di layar yang ingin digunakan.

Untuk kamera, gawai ini dibelaki dengan enam kamera (Hexa Camera), yang terdiri dari tiga di belakang, dua di bagian dalam, dan satu di bagian depan. Kamera utamanya 12 MP, kamera kedua yang berguna untuk telefoto memiliki resolusi 12 MP, untuk kamera ketiga memiliki resolusi 16 MP yang berfungsi sebagai ultra-wide-angle. Dua kamera lain berada di bagian dalam, dan kamera di layar depan memiliki resolusi 10 MP.

Untuk performa, Galaxy Fold memiliki chipset Snapdragon 855 yang dipadukan dengan RAM 12GB dan memori 512GB. Untuk baterai, Galaxy Fold berkapasitas 4.380 mAh. Galaxy Fold sendiri tersedia dalam pilihan warna Space Silver dan Cosmos Black dengan harga Rp30.888.000.

*Tulisan ini telah tayang di Majalah Airmagz edisi Januari 2020